Friday, April 3, 2020

,

Uji Homogenitas Regresi atau Homogeneity of Regression (Slope) Melalui SPSS

Uji Homogenitas Regresi atau Homogeneity of Regression (Slope) adalah asumsi ke-3 yang harus dipenuhi sebelum uji hipotesis menggunakan ANCOVA. Jadi setelah melakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas Variansi, teman-teman harus melakukan uji Homogenitas Regresi atau Homogeneity of Regression (Slope) ini. Masih hafalkan urutan Analisis Data Penelitian Quasi-Eksperimen?
Nah, uji homogenitas regresi atau Homogeneity of Regression (Slope) ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara covariate dengan independent variable. Asumsi ini akan terpenuhi jika ditemukan tidak adanya hubungan antara covariate dan independent variable dengan syarat nilai sig covariate*independent variable lebih dari 0.05 (Sign > α  0.05).

Baik, langsung saja berikut ini langkah-langkah uji homogenitas regresi atau homogeneity of regression (slope) melalui SPSS

1. Siapkan Data

Cara input data kali ini masih sama seperti kita melakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas Variansi. Untuk memudahkan teman-teman menginput data di SPSS, siapkan data terlebih dahulu dengan membat table di Ms. Excel. Selain data nilai, buat juga tabel untuk kode group, 1 untuk experimental group dan 2 untuk control group.

2. Input Data

  • Buka program SPSS, klik variable view
  • Ketikkan nama-nama variable di kolom name. Ada 3 variable: Pre_testPost_test, dan Class. Untuk kolom measure, pada variable pre_test dan post_test ubah menjadi scale. Dan untuk Class ubah measure menjadi Nominal.
  • Karena kita akan memasukkan data pre_test dan post_test dari kedua grup secara bersamaan, maka untuk variable Class, klik titik 3 pada kolom value.
  • Tambahkan 2 class, experimental class dan control class dengan cara: Mengetikkan kode kelas di kolom value dan nama kelas di kolom Label. > Klik add. Ulangi untuk menambahkan kelas control. > klik add >  OK.
  • Klik data view di pojok kiri bawah. Copy-paste data yang telah dibuat di Ms. Excel.
Note:
30 data pertama (1-30) adalah data experimental class
-   30 data terakhir (31-60) adalah data control class
Sehingga data berurutan, data pre_test experimental dijadikan satu dengan data control, begitupun juga dengan data post_test. Sehingga kode untuk 30 sampel pertama adalah angka 1 (experimental class) dan kode untuk 30 sampel terakhir adalah angka 2 (control class).

3. Analisis Data

  • Klik Analyze > General Linier Model > Univariate
  • Masukkan variable post_test ke Dependent Variable, Class ke Fixed Factors, Pre_test ke Covariate(s) > Klik Model
  • Ubah full factorial ke Custom 
  • Pindahkan variable class dan pre_test ke Model secara bergantian 
  • Pindahkan variabel class dan pret_test ke Model secara bersamaan dengan cara mengeblok keduanya lalu dipindahkan. Tujuan dari step ini adalah untuk mengetahui hubungan keduanya.
  • Klik Continue > Options. Pindahkan Overall dan class ke Display Means for. Beri centang pada Descriptive Statistics, Parameter Estimates, dan Homogeneity test. >  Continue > OK

4. Intepretasi Data

  • Berikut adalah outputnya. Yang dilihat adalah tabel Test of Between Subjects Effects.  
Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Covariate (pre_test) dengan Independent Variable maka yang dilihat adalah nilai Sig dari Class*Pre_test. Hasilnya adalah 0.479 > 0.05. Jelas bahwa tidak ada hubungan antara Covariate dengan Independent Variable. Sehingga asumsi Homogenitas Regresi atau Homogeneity of Regression (Slope) telah terpenuhi.


Ditulis oleh Endang Wahyuni

1 comment:

  1. selamat malam
    boleh minta materi homogenitas regresi, referensinya darimana?

    ReplyDelete