Saturday, April 4, 2020

,

Uji Linieritas Hubungan Kovariat dengan Variabel Dependen

Uji linieritas hubungan kovariat dengan dependen variabel atau uji linier relationship between covariate and dependent variable adalah asumsi terakhir yang harus dipenuhi sebelum menggunakan formula ANCOVA untuk uji hipotesis. Tujuan asumsi ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan linier antara kovariat atau covariate dengan variabel dependen. 
Jadi, setelah teman-teman mengetahui bahwa data kita berdistribusi normal melalui Uji Normalitasvariansi populasi dari dua grup yang kita pilih sebagai sampel adalah homogen melalui Uji Homogenitas Variansi; dan menemukan tidak adanya hubungan antara kovariat dan variabel independen melalui Uji Homogenitas Regresi atau Homogeneity of Regression (Slope), maka  kita harus menemukan bahwa antara kovariat dengan variabel dependen memiliki hubungan linier untuk memenuhi asumsi dari ANCOVA.

Asumsi ini akan terpenuhi jika nilai Sig dari kovariate dalam tabel Test Between Subject Effect α 0.05.

Baik, berikut adalah langkah-langkah uji linieritas hubungan kovariat dengan variabel dependen atau  linier relationship between covariate and dependent variable melalui SPSS.

1. Siapkan Data dan Input Data

Cara input data kali ini masih sama seperti kita melakukan Uji NormalitasUji Homogenitas Variansi, dan Uji Homogenitas Regresi atau Homogeneity of Regression (Slope).

2. Analisis Data

  • Klik Analyze General Linier Model > Univariate
  • Masukkan variable post_test ke Dependent Variable, Class ke Fixed Factors, Pre_test ke Covariate(s) > Klik Model
 
  • Pilih Full Factorial > Continue
  • Klik Options > Masukkan (OVERALL)  dan Class ke Display Means for
  • Beri centang Compare main effect > Pilih Bonferroni 
  • Beri centang Descriptive Statistics, Parameter Estimates, dan Homogeneity tests > Continue > OK

2. Mengintepretasi Data 

Berikut ini adalah outputnya.
Yang kita lihat adalah variabel kovariat. Karena disini saya menggunakan nilai pre_test sebagai kovariat maka yang saya tandai adalah variabel pre_test. Bisa kita lihat bahwa nilai Sig = 0.000 < α 0.05. Maka, bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan linier antara kovariat dengan dependen variabel sehingga asumsi Linieritas Hubungan Kovariat dengan Variabel Dependen telah terpenuhi.


Mudah bukan?? 
Silahkan dicoba ya teman-teman.
Ada pertanyaan? Silahkan tulis dikolom komentar ya :)



Ditulis oleh Endang Wahyuni

2 comments:

  1. jika tidak memiliki hubungan linier bagaimana ya

    ReplyDelete
  2. Tidak bisa pakai ancova. Karna asumsi tidak terpenuhi.

    ReplyDelete