Friday, June 26, 2020

Cara Aktivasi Kembali Mobile Banking Bank Jatim yang Tereset

Hay guys... pada artikel kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya tentang bagaimana cara mengaktifkan kembali mobile banking Bank Jatim yang tereset. Sebelumnya, saya sudah memakai mobile banking tersebut. Namun, karena saya mereset ulang Hp saya, semua aplikasinya terhapus termasuk aplikasi Mobile Banking Bank Jatim. Caranya cukup mudah, hampir sama dengan melakukan aktivasi Mobile Banking Bank Jatim tanpa datang ke kantor bank. Jadi, nasabah tidak perlu datang ke kantor bank untuk mengatasi masalah ini. Namun perlu diingat bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan.
Awalnya, karena saya pikir saya sudah pernah registrasi SMS Banking dan Mobile Banking sebelumnya, saya hanya perlu mendownload kembali aplikasi tersebut di play store kemudian melakukan aktivasi kembali. Namun, ketika saya melakukan aktivasi, tidak ada sms kode aktivasi yang masuk sama sekali. Padahal pulsa saya mencukupi, saya coba berulang-ulang tetap saja tidak ada kode aktivasi yang masuk. Adakah teman-teman yang mengalami hal yang sama?
Nah ternyata, sebelum mendownload ulang aplikasi Mobile Bank Jatim tersebut, nasabah harus melakukan unregistrasi SMS Banking dullu, bisa anda lakukan di ATM Bank Jatim terdekat yaa.. tanpa harus datang ke kantor bank. Baik, simak langkah-langkah berikut ini ya...

1. Unregistrasi SMS Banking

Pastikan sebelum melakukan unregistrasi SMS Banking, aplikasi Mobile Banking Bank Jatim belum di download.
  • Pergi ke ATM Bank Jatim terdekat
  • Masukkan kartu ATM, pilih bahasa dan masukkan normor PIN anda
  • Pilih menu "TRANSAKSI LAIN" > pilih "PENDAFTARAN / PENGATURAN SMS BANKING"
  • Pilih "UNREGISTRASI SMS BANKING"
  • Tunggu sampai SMS notifikasi masuk, seperti berikut ini.


2. Registrasi SMS Banking

  • Masukkan PIN ATM lagi
  • Pilih menu "TRANSAKSI LAIN" > pilih "PENDAFTARAN / PENGATURAN SMS BANKING"
  • Pilih "REGISTRASI SMS BANKING"
  • Masukkan nomor Hp > masukkan PIN 6 digit > Oke
  • Jika berhasil, resi bukti transaksi akan keluar dan anda akan mendapatkan SMS notifikasi.

3. Aktivasi Mobile Banking

  • Pilih menu aktivasi > pilih setuju 
  • Masukkan No rekening dan Mobile PIN yang telah anda buat untuk registrasi SMS Bangking melalui ATM pada langkah sebelumnya > lanjut

  • Masukkan kode aktivasi yang dikirim melalui SMS > masukkan password untuk login > aktivasi
  • Pada jendela selanjutnya, anda diminta untuk memilih apakah tetap menggunakan SMS Banking atau tidak. Pilih "Ya" untuk tetap menggunakan SMS Banking dengan biaya pulsa (melakukan transaksi melalui SMS, mendapat notifikasi transaksi melalui SMS dll) atau "Tidak" untuk hanya menggunakan Mobile Banking yang diakses melalui internet menggunakan aplikasi yang sudah diunduh.
  • Jika sudah berhasil, coba login menggunakan password yang anda buat tadi ya.. 

Jadi yang perlu diingat adalah, teman-teman harus melakukan unregistrasi terlebih dahulu sebelum melakukan aktivasi kemabali mobile banking kalian. Tidak perlu berfikir dua kali untuk menyelesaikan masalah ini karena teman-teman bisa melakukannya sendiri melalui ATM bank jatim terdekat, tidak perlu datang ke kantor bank. Mudah bukan?

Dengan memanfaatkan layanan Mobile Banking Bank Jatim, nasabah bisa melakukan transaksi  seperti cek saldo, mutasi rekening, transfer, mencari ATM dan kantor Bank Jatim terdekat kapan saja melalui aplikasi, dan pastinya melalui sambungan internet ya.. Berbeda dengan SMS Banking yang memakan biaya pulsa untuk melakukan setiap transaksi.
Demikian informasi cara aktivasi kembali Mobile Banking Bank Jatim yang tereset. Semoga bermanfaat...



Baca juga


Ditulis oleh Endang Wahyuni

4 comments:

  1. Apakah pulsa hp harus minimal 5000 pada saat menerima kode aktivasi?

    ReplyDelete
  2. Kakak pakai kartu apa ya saat mendaftar? Saat saya pakai Axis atau 3, susah sekali dapat smsnya. Dan dari keterangan satpam bank Jatim di salah satu cabang di kota saya (Surabaya), ada beberapa kartu yang memang agak susah utk didaftarkan di SMS Mobile ini, jadi disarankan utk ganti nomor. Padahal nomor yang saya pakai sekarang (Axis) sudah jadi nomor utama sejak SD, saya takut nomor baru yg dipakai buat registrasi hilang dan akan ribet lagi untuk urus ini itunya...

    ReplyDelete