Thursday, July 9, 2020

Cara Edit Background Tanda Tangan Hasil Scan Agar Transparan Seperti Asli Melalui CorelDraw

Tanda tangan elektronik diperlukan untuk menandatangani dokumen virtual. Apalagi dimasa pandemi covid-19 sekarang ini, dokumen-dokumen virtual sangat diperlukan untuk menggantikan dokumen print-out. Mulai dari perusahaan yang menerapkan sistem kerja work from home sampai institusi lembaga pendidikan yang menerapkan sistem pembelajaran daring. Jika pihak satu membutuhkan tanda tangan pihak lainnya, sementara kedua belah pihak tidak bisa bertatap muka, maka tanda tangan elektronikpun jadi solusinya. 
Selain itu, tanda tangan elektronik tersebut juga sangat bermanfaat untuk menandatangani dokumen yang akan dicetak dalam jumlah banyak. Seperti sertifikat atau piagam misalnya. 

Caranya yaitu dengan men-scan atau mem-foto tanda tangan orang yang bersangkutan yang kemudian ditempelkan (di-copy-paste) ke dokumen yang diperlukan.

Namun hasil scan atau foto tanda tangan jika ditempelkan / dicopy-paste ke dokumen secara langsung, akan menghasilkan tanda tangan yang masih memiliki background. Seperti gambar di bawah ini.
Nah, untuk menjadikan background tanda tangan menjadi transparan seperti tanda tangan asli, kita harus mengeditnya terlebih dahulu. Untuk mendapatkan hasil editan yang mulus, sangat mirip dengan tanda tangan asli, kita bisa mengeditnya melalui CorelDraw dengan langkah-langkah yang cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.
  • Scan / foto tanda tangan yang akan di edit
  • Buka CorelDraw > New Blank Document > file > import
  • Atur ketajaman gambar terlebih dahulu agar hasilnya maksimal dengan cara: Pilih Effect > Adjust > Tone Curve. Ikuti posisi titik yang saya beri tanda panah merah kemudian > preview untuk melihat hasilnya. Jika dirasa kurang tajam bisa dinaik turunkan kurvanya. > Ok


    • Klik Bitmaps > Bitmap Color Mask. Klik icon Color Selection > klik background gambar > Jika baris pertama sudah berubah warna seperti background gambar, beri centang.

    •  atur persentase transparansi > apply. Sesuaikan transparansi sampai background benar-benar hilang dan hasil gambar tetap mulus.

    • Jika hasil sudah memuaskan, klik Export > pilih jenis file PNG > beri nama > OK

    • Klik Transparansi > OK

    • Silahkan paste file PNG yang telah di export di Ms.Words atau aplikasi lainnya. Atur Wrap Text. Klik Kanan > Wrap Text > In Front Of the Text

    • Selesai.. seperti ini hasilnya. Sangat mirip dengan tanda tangan asli bukan ?

    Nah... editing gambar melalui CorelDraw sangat bagus untuk menjaga kualitas resolusi gambar. Dengan melalui proses pengaturan tone curve maka akan dihasilkan kualitas gambar yang tajam dan hasil akhir akan sangat mirip dengan tanda tangan aslinya. Berbeda dengan mengeditnya langsung melalui Ms.Word, akan ada garis-garis yang terputus pada tanda tangan tersebut.

    Jadi, teman-teman bisa mengikuti cara edit background tanda tangan hasil scan agar transparan dan terlihat seperti aslinya jika memerlukan tanda tangan elektronik untuk keperluan dokumen virtual. Namun, yang perlu diingat adalah, pastikan teman-teman telah mendapatkan ijin / kesepakatan dari pihak yang terkait, terutama pihak yang memiliki tanda tangan tersebut, agar tidak melanggar hukum undang-undang.

    Baca Juga


    Ditulis oleh Endang Wahyuni

    7 comments: