Friday, July 10, 2020

,

Cara Membuat Nomor Halaman yang Berbeda di Microsoft Word

Penomoran halaman pada dokumen Microsoft Word bisa menggunakan angka (1, 2, 3 dst),  romawi kecil (i, ii, iii, dst), romawi besar (I, II, III, dst), huruf abjad kecil (a, b, c, dst), huruf abjad besar (A, B, C, dst) ataupun huruf hijaiyah.

Biasanya tulisan skripsi, makalah, atupun buku, menggunakan 2 jenis penomoran yaitu romawi kecil untuk halaman sampul, kata pengantar, daftar isi dan awalan-awalan lainnya, kemudian angka untuk halaman isi sampai selesai. 
Cara membuat nomor halaman yang berbeda di Microsoft Word - mudah dan cepat
Namun, masih ada beberapa orang yang belum mengerti cara untuk membuat nomor halaman yang berbeda dalam satu file di Microsoft Word. Banyak diantaranya yang masih bingung dan melakukannya dengan cara manual, yaitu membuat file secara terpisah. Halaman sampul, kata pengantar dan daftar isi diketik sendiri, kemudian halaman isi disendirikan dalam file yang berbeda. Tentu saja cara ini kurang efektif yaa...

Padahal, membuat nomor halaman yang berbeda dalam satu file di Microsoft Word sangatlah mudah. Berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkahnya disertai dengan gambar agar lebih mudah mempraktekkannya.
  • Buka file Microsoft Word yang akan diberi nomor halaman
Dokumen masih belum memiliki nomor halaman
  • Klik Insert > Page number > Bottom of page (atau anda bisa memilih letak halaman sesuai kebutuhan, bisa atas, bawah, dll) > Pilih letak halaman yang sesuai
  • Halaman akan muncul, namun semua halaman masih menggunakan angka romawi kecil (perhatikan tanda panah). Pada halaman BAB I, kita akan mengganti halamannya menjadi angka 1.
  • Letakkan kursos di area bawah daftar isi, perhatikan tanda panah.
  • Klik layout > Breaks > Next page. Lalu kursos akan berpindah ke halaman selanjutnya.
  • Block nomor haaman yang akan diganti  > Klik design > Non-aktifkan Link to Previous sampai berubah tidak aktif.
  • Tetap block nomor halaman yang akan diganti > klik Design > page number > format page number.
  • Pilih angka pada kotak number format > isikan angka  di start at > OK
  • Selesai... halaman akan berubah menjadi angka 1 pada Bab 1 sampai selesai, seperti berikut.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa membuat nomor halaman yang berbeda dalam satu file harus melalui proses pemisahan halaman antara halaman yang menggunakan romawi dan halaman yang menggunakan angka, yaitu dengan cara mengeklik Next Page  dan menonaktifkan Link to Previous.

Sangat mudah bukan? Jadi teman-teman tidak peru lagi bersusah payah untuk menyendirikan file antara halaman awal dan halaman isi. 

Sekian cara membuat nomor halaman yang berbeda di Microsoft Word. Semoga bermanfaat...


Baca Juga




Ditulis oleh Endang Wahyuni

1 comment:

  1. Wah keren nih. Nambah referensi lagi. Terima kasih Ust. Sudah berbagi. 🥰

    ReplyDelete